Tribratanewspurworejo.com-  Tarawih Keliling dan Silatirahim merupakan salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Kapolsek Loano Polres Purworejo Polda Jateng,AKP. Markotib,S.H. dengan didampingi anggotanya. Jumat (2/6/2017) Kapolsek Loano melaksanakan tarawih dan silaturahim di Masjid Al Barokah,Dusun Sembuh RW 04,Desa Kebon Gunung,Kecamatan Loano. Pada kesempatan tersebut,usai shalat Tarawih berjamaah,Kapolsek melakukan silaturahim dengan warga peserta jamaah.

Dalam uraiannya beliau menghimbau agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan saat bulan Ramadhan ini,terutama kerawanan saat ditinggal melaksanakan shalat Tarawih. Pintu harap dikunci dengan benar dan jangan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala,khususnya bagi ibu-ibu.

Pergaulan di kalangan remaja saat ini terkadang sudah melampaui batas. Untuk itu,kewajiban kita sebagai orang tua untuk mengawasi,mengarahkan,dan mengingatkan agar mereka tidak melakukan hal-hal yang menyimpang dari norma agama dan norma hukum. Biasanya remaja mudah terpengaruh oleh bujuk rayu orang lain yang bisa menjerumuskan ke hal yang negatif. Untuk ibu-ibu, hati-hati dengan kasus penipuan,hipnotis dan sebagainya yang mengancam keselamatan kita,baik harta maupun nyawa. Berbagai cara penjahat untuk mengelabui korbannya di rumah atau di tempat-tempat umum,seperti pasar.

Dengan kenaikan aktifitas warga menjelang lebaran,berarti meningkat pula arus lalu lintas. Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dalam berlalu lintas,utamakan keselamatan dan jangan lupa lengkapi diri dan kendaraan saat berkendara. Kepada jamaah shalat Tarawih di Masjid Al Barokah pimpinan Bapak Kyai Amin, Kapolsek Loano juga menghimbau agar masyarakat ikut bersama-sama menciptakan situasi dan kondisi di wilayah sekitar tempat tinggal agar terhindar dari penyebaran paham radikalisme,seperti ISIS. Kita sebagai umat beragama sudah ada pedoman yang mengatur dalam bertingkah laku,baik terhadap sesama,bangsa,dan negara,yaitu Al Quran. Terlebih kita tinggal di negara yang mempunyai norma hukum   yang wajib kita taati.

” Marilah kita bersama-sama ikut menciptakan situasi yang aman dan kondusif di negara kita dengan berpegang teguh pada hukum dan norma yang berlaku sehingga negara dan kehidupan masyarakat akan damai dan tenang,” ajak Kapolsek. ” Kondisi yang kondusif dan aman di suatu wilayah atau negara bukan merupakan tanggung jawab aparat keamanan saja,tetapi tanggung jawab bersama antara masyarakat dengan aparat keamanan dan pemerintah,” lanjut Kapolsek.    Kegiatan Tarhim Kapolsek Loano diakhiri dengan ucapan selamat menunaikan ibadah Ramadhan semoga kita bisa melaksanakan dengan penuh khusyuk hingga  genap satu bulan.

 

( Humas Polsek Loano )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here