Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com –  Satuan Reserse Kriminal Polres Purworejo melaksanakan kegiatan patroli malam guna mencegah gangguan kamtibmas, terutama pelaku ganjal kartu ATM ysng akhir – akhir ini terjadi diwilayah Purworejo. Pembobolan ATM dengan modus operandi ganjal kartu ATM terjadi disebuah Anjungan Tunai Mandiri dikomplek SPBU Kedungpucang dalam satu bulan terakhir ini.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara dkjetahui bahwa pelaku memasukkan batang korek kayu ke ” mulut ” ATM sehingga pada saat nasabah memasukkan kartu ATM akan mengalsmi masalah. Saat itu pelaku yang berada disekitarnys kemudian pura pura membantunya dan saat kartu bisa masuk memerintahkan kepada calon korbsn tersebut untuk menyebutkan nomor Personal Indentifikation Number (PUN). Pelaku kemudian diam – diam mengganti kartu STM calon korban dg kartu ATM lain yang sudah dipersiapkannya. Saat itu pelaku kemudian berlagak pilon dan menibggalkan korban yang masih kebingungan dan segera mencari tempat ATM lain dan menguras isi ATM korban dengan memindahkan saldo ke rekening yang sudah dipersiapkan.

Berkaitan dengan kejadian – kejadian tersebut guna mengantisipasi kejadian serupa terus berulang dan berulang terjadi Satuan Reserse Kriminal dibawah kendali Kanit IV IPTU SETIYO RAHARJO, S.H., M.H. bersama anggotanya menggiatkan patroli malam disejumlah lembaga keuangan baik Bank maupun bukan Bank yang ada ATM nya.

Secara terpisah Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP INDERA KURNIAWAN MANGUNSONG, S.H., S.I.K., M.M mengatskan bahwa modus kejahatan dijaman now sudah sangat variatif. Dari yang dengan cara kasar (pencurian dengan kekerasan) maupun dengsn cara halus (penipuan dan penggelapan ) maupun modus modus lain (ganjal ATM). Untuk itu beliau menggiatkan anggotanya untuk patroli guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

” Anggota kami ada dimana – mana dan tidak terbatas oleh waktu guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat ” demikian tandaanya.

HUMAS SATRESKRIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.