PKS merupakan salah satu program Unit Dikyasa Satlantas Polres Purworejo. Kegiatan Patroli Keamanan Sekolah dilaksanakan dengan tujuan memberikan pendidikan kepada siswa siswi tentang tugas dan tanggung jawab PKS yang di dalamnya termasuk pengetahuan dasar kelalulintasan.

Kepada anggota PKS SMA N 7 Purworejo Unit Dikyasa Satlantas Polres Purworejo memberikan bekal persiapan pelantikan bagi anggota PKS. Selain memberikan materi tertib berlalu lintas, sejarah PKS, TPTKP laka lantas, 12 gerakan pengaturan lalu lintas, dan senam lalu lintas, anggota PKS SMA N 7 Purworejo juga dilatih untuk melakukan pengaturan lalu lintas langsung di jalan raya depan sekolah serta yang paling utama adalah memberikan materi tentang safety riding dengan tujuan ketika sudah memiliki sim dan sudah berkendara mampu berkendara dengan baik dan benar.

Senin (07/1/2019) pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB seluruh anggota PKS SMA N 7 Purworejo melaksanakan pelatihan PKS hari pertama bersama Kanitdikyasa Satlantas Polres Purworejo Ipda Wulan Puji Anjarsari,S.Tr.K. beserta tiga anggotanya.

Anggota PKS juga diajarkan untuk mampu melaksanakan Pengaturan lalu lintas di depan sekolah, membantu teman teman mereka yang akan menyebrangi jalan menuju ke sekolah. Kegiatan latihan ini diharapkan mampu membangun mental para anggota PKS agar berani secara langsung melakukan pengaturan lalu lintas di jalan raya mengingat tugas yang akan diemban para anggota PKS kedepannya menuntut mereka agar mahir dalam hal pengaturan lalu lintas.

Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, S.I.K melalui Kasatlantas menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan PKS ini sangat efektif untuk melatih generasi muda sehingga mampu menjadi mitra kerja bagi anggota polisi khususnya di lingkungan sekolah masing masing. Atas dasar penyampaian inilah Kasatlantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria Facha,S.H. sangat mendukung pelatihan PKS ini. “Semoga semakin banyak sekolah sekolah lain yang ingin membentuk PKS, jadi makin banyak juga yang membantu tugas kepolisian khususnya bidang pengaturan lalu lintas.” ungkap Kasatlantas.

DIKYASA POERJO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.