Polres Purworejo, Polda Jateng, Tribratanewspurworejo.com –  Untuk menertibkan para pengguna kendaraan bermotor, baik kendaraan roda empat ataupun roda dua. Satlantas Polres Purworejo bersama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) mengelar razia gabungan di wilayah Hukum Polres Purworejo, Rabu (09/01/2019).

Kali ini yang menjadi sasaran razia bukan hanya pada pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh para pengendara, melainkan juga para pengendara yang lalai membayar pajak kendaraannya. Pantauan di lapangan, saat menggelar razia tersebut, para petugas langsung menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan, namun disela-sela pemeriksaan tersebut jika tidak ditemukan pelanggaran lalu lintas, maka petugas Dispenda langsung memeriksa pelunasan pajak kendaraan.

Warga harus melalui pemeriksaan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta cek kelengkapan kendaraan seperti spion. Selanjutnya, giliran pegawai Dispenda yang memeriksa pajak kendaraan apakah sudah dibayar atau belum. Sebagian warga yang melanggar lalu lintas langsung diberi surat tilang.

Sementara pengendara yang tidak dilengkapi STNK, maka kendaraannya langsung diamankan oleh polisi. Itu dilakukan untuk menjaga kemungkinan kendaraan tersebut merupakan barang hasil kejahatan.

Menurut Kasat Lantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha,SH mengatakan dalam razia tersebut pihaknya bekerja sama dengan Dispenda Purworejo. Dimana pegawai Dispenda khusus untuk memeriksa pajak kendaraan. “Ini gabungan dengan Dispenda.

Makanya sasaran razia juga mengarah pada pajak kendaraan yang wajib dilunasi oleh pemiliknya,” ujarnya. Ditambahkan, pengendara yang melanggar lalu lintas akan langsung ditilang. Sementara pengendara yang diketahui tidak membayar pajak kendaraan diwajibkan langsung membayar. “Kalau pengendara tidak bawa uang, maka pegawai Dispenda mengarahkan warga agar mematuhi wajib pajak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKPB Indra Kurniawan Mangunsong,S H.,S.I.K.,M.M. ditempat terpisah mengatakan ” Razia gabungan bersama Dispenda cukup baik dan bisa diteruskan. “Razia ini saya nilai bagus. Karena sebagai warga negara yang baik kita harus tertib membayar pajak.

ZEBRA POERJO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.