Bunyi notifikasi dari ponsel memang selalu mengundang rasa penasaran sehingga banyak yang tergoda untuk langsung mengangkat ponsel atau sekadar melihat isi pesan, bahkan saat mengendarai mobil. Padahal berkendara sambil menggunakan ponsel sangatlah berbahaya.

Peraturan ini dikeluarkan karena banyaknya kecelakaan lalu-lintas yang diakibatkan penggunaan ponsel saat berkendaraan. Dari data yang diperoleh penggunaan ponsel saat berkendaraan memiliki bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengonsumsi alkohol. Bahkan Amerika melakukan survey terhadap penggunaan telpon seluler di jalan raya. Ada sekitar 16 ribu pengemudi diperkirakan tewas dalam kurun waktu hingga 7tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena mereka mengetik saat mengemudi. Jika hal tersebut dilakukan, enam kali lipat bahayanya dibanding kamu menelpon. Hilangnya konsentrasi saat berkendaraan ini lah yang menjadi penyebab utama kecelakaan lalu-lintas.

Kasat Lantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha,SH mengataka “Larangan penggunaan HP saat mengemudi, secara secara spesifik tidak diatur dalam UU No 22 Tahun 2009. Tapi, pengendara (yang menggunakan ponsel) bisa terkena pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi”.

Pengertian wajib mengendarai dengan penuh konsenterasi, mencakup melarang kegiatan-kegiatan yang mengganggu konsentrasi berkendara. Misalnya minum-minuman keras saat berkendara, mengkonsumsi obat terlarang dan menggunakan HP. Kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Sanksi terhadap pelanggaran pasal tersebut diatur dalam pasal 283 UU yang sama, yakni denda maksimal Rp 750 ribu dan kurungan 3 bulan.

Pemerintah juga berusaha keras untuk memperbaharui tindakan yang salah dalam berlalu-lintas. Karena semakin berkembangnya zaman, tentunya semakin banyak pula kelalaian-kelalaian yang dibuat oleh masyarakat luas. Selama peraturan yang dibuat pemerintah adalah demi berlalu-lintas yang lebih baik, tentunya peraturan tersebut tidak ada salahnya. Sekarang tergantung pribadi masing-masing dari kamu semua. Sanggup kah menaati semua peraturan lalu-lintas yang dibuat?

ZEBRA POERJO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.