Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com –  Bhabinkamtibmas Polsek Purworejo Kota Polres Purworejo Kelurahan Tambakrejo Aipda Fajar Hudoyo memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar tidak parkir sembarangan, serta jangan lupa dikunci ganda guna cegah terjadinya tindak pidana curanmor karena sedang maraknya, Sabtu (12/01).siang.

Salah satu faktor terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor adalah kelalaian dari pemiliknya sendiri, khusunya dalam hal parkir maupun lupa mencabut kunci kotak sepeda motor sebelum meninggalkan lokasi parkir.

Senada dengan hal diatas, pada sat melaksanakan patroli di wilayah Kelurahan Tambakrejo Bhabinkamtibmas Kelurahan Tambakrejo Aipda Fajar Hudoyo juga menyampaikan  pesan Kamtibmas kepada warga antara lain menghimbau kepada pemilik agar selalu waspada terhadap pencurian padi dan juga menghimbau agar selalu mengecek keamanan tempat penyimpanan padi demi menghindari tindak pencurian.

“Kejahatan terjadi tidak hanya karena ada niat dari pelaku, tapi juga karena ada kesempatan, jadi waspadalah..waspadalah!”pesan “Bang Napi” pada salah satu pembawa acara pada program berita kriminal pada  televisi Nasional Indonesia.

Selain itu bhabinkamtibmas Aipda Fajar Hudoyo juga memberikan pembinaan dan penyuluhan serta edukasi tentang Bahaya berita Hoax dan ujaran kebencian kepada masyarakat di kelurahan binaannya, Sebagai upaya untuk menangkal berita hoax dan ujaran kebencian jelang Pileg dan Pilpres 2019.

Atas nama Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangungsong SH SIK MM , melalui Kapolsek  Purworejo Kota AKP Markotib SH mengatakan, memerintahkan seluruh Anggota Bhabinkamtibmasnya untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan (binluh) kepada masyarakat di desa binaannya masing-masing akan bahaya berita hoax serta mendeklarasikan masyarakat anti hoax menjelang Pileg dan Pilpres 2019, pembinaan dan penyuluhan serta edukasi tentang Bahaya berita Hoaks dan ujaran kebencian kepada masyarakat dan desa.

“Kemajuan tekhnologi komunikasi mempermudah penyebarannya lewat media sosial, diperlukan edukasi serta pemahaman karena sering kali menyangkut pautkan dengan SARA, apalagi tahun depan akan dilaksanakan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019. Apabila masyarakat tidak bijak memakai media sosial dan menyebarkan berita hoax akan ditindak tegas sesuai UU ITE bagi pelakunya,” tegas AKP Markotib SH.

Kapolsek Purworejo Kota menjelaskan apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas, adalah bentuk tindak lanjut dari arahan dan perintah pimpinan, bertujuan agar masyarakat bisa memilah-milah berita baik untuk dikonsumsi dan tidak mudah membagikan berita-berita hoax, karena belum tentu kebenarannya dan sumbernya pun tidak jelas.

“Kegiatan ini akan terus kami tingkatkan, demi mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Purworejo Kota menjelang Pileg dan Pilpres 2019,”.

[Hmspwrkota]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.