Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, tibalah saatnya hari raya idhul fitri dan masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1440 H warga Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen , bertempat Balai Desa melaksanakan pengajian umum dalam rangka halal bihalal warga masyarakat Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen. Sabtu malam (15/6/2019).

Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Desa, Bhabinkamtibmas Desa Nglebo Polsek Bagelen Aipda Ngisomudin bersama dengan Bhabinsa dan para tokoh agama maupun tokoh masyarakat Desa Bapangsari. Ketua panitia dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa kegiatan halal bihalal seperti ini diadakan guna untuk mempererat jalinan tali silaturahmi diantara warga dan kegiatan semacam ini rutin dilaksanakan oleh warga Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen.
“Meskipun acara kita ini hanya diadakan secara sederhana, namun kami berharap tidak mengurangi makna serta maksud diadakannya kegiatan ini yaitu mempererat tali silaturahmi diantara warga masyarakat.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Bapangsari Polsek Bagelen Polres Purworejo Aipda Ngisomudin dalam kesempatan itu tidak lupa memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas serta menyampaikan situasi terkait dengan maraknya aksi terorisme yang dilakukan oleh sekelompok orang dan melakukan penyerangan terhadap aparat keamanan dan orang yang sedang melakukan ibadah digereja.
“Pada saat ini ada sekelompok orang yang menginginkan terjadinya perubahan secara drastis di bidang sosial politik, dengan menghalalkan segala cara, dari pemaksaan kehendak sampai pada tindakan kekerasan, dan itu merupakan salah satu ciri dari para radikalisme dan terorisme, dalam menanamkan pahamnya kepada masyarakat, hal ini tidak berbeda jauh dengan paham radikal ISIS, yang akhir-akhir ini sedang hangat dipublikasikan oleh berbagai media cetak dan elektronik, lokal maupun nasional,” kata Aipda Ngisomudin.
“Kami minta para tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat ikut serta menangkal dan mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme dan terorisme diwilayah hukum Polsek Bagelen Polres Purworejo, dengan mengaktifkan dahwah dan memberikan pengetahuan tentang agama kepada masyarakat, supaya masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan paham radikalisme tersebut. “Dengan momentum halal bihalal ini marilah kita wujudkan persatuan dan kesatuan serta kita tingkatkan ukhuwah islamiyah dalam bingkai bheneka tunggal ika dan kami minta untuk seluruh warga apabila mengetahui adanya hal hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas hendaknya segera menghubungi Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa atau segera melapor ke Polsek Bagelen Polres Purworejo supaya dapat segera untuk diantisipasi,” pungkas Bhabinkamtibmas.

Sementara saat dikonfirmasi ditempat terpisah Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kapolsek Bagelen AKP Sarjana mengatakan bahwa telah memerintahkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk selalu membina hubungan yang baik dengan warga desa binaannya serta menghilangkan jarak diantara aparat keamanan dan warga masyarakat, sehingga warga tidak akan sungkan untuk memberikan berbagai informasi utamanya tentang kamtibmas.
“Dengan selalu hadirnya Bhabinkamtibmas disetiap kegiatan warga desa binaannya maka akan tumbuh kedekatan serta kemitraan diantara aparat keamanan dan warga, yang pada akhirnya warga tidak akan sungkan untuk memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas utamanya tentang Kamtibmas,” terang AKP Sarjana.

Humas Bagelen.