Polres Purworejo Polda Jateng .- TriBrataNewsPurworejo Com. – Pada hari selasa tanggal 25 juni 2019 pukul 09.00 wib s/ d 13 .00 wib bertempat di aula rumah makan milik bp sunarno komplek pantai jatimalang Purworejo di laksanakan pertemuan Tri wulan berupa loka karya mini lintas sektor oleh UPT Puskesmas Banyuurip tahun 2019 .

Hadir dalam acara tersebut :

  1. Danramil Banyuurip Kapten Purwoko S Sos .
  2. Wakapolsek Banyuurip Iptu Bambang Dwijono
  3. Nara sumber dinas kesehatan Purworejo.
  4. Kepala KUA Banyuurip Dadang mawardi S Ag .
  5. kepala desa wilayah Banyuurip yang ada FKD ( forum kesehatan kerja 16 tempat ) .
  6. Perangkat desa
  7. Tamu undangan
  8. Jumlah peserta 35 orang .

Susunan acara loka karya lintas sektor yaitu

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  3. Penyampian materi oleh Ka UPT Puskesmas ibu Zumrotul Komariyah S Kes.
    Isi materi pelayanan BPJS masih banyaknya komplain , penangan POK ( paru kronis ) Prolanis untuk kontrol agar tidak terjadi komplikasi , masalah demam , candisari korban meninggal dunia 1 kasus berdarah di desa Sumbersari 10 kasus, penanganan demam berdarah harus masif atau berkesinambungan terus menenerus , kader posyandu meminta pelatihan .
  4. Penyampaian materi fisioterapi oleh sdr Muh Nofa Wibowo .
    Isi materi Penangaanan fisioterapi untuk terapi penyakit yg tidak menular ( penyakit keturunan ) seperti hipertensi , diabetes dan stroke
  5. Penyampaian materi dari dinas kesehatan Kabupaten Purworejo oleh sdri Widi .
    Isi tentang nyamuk demam berdarah ( aides agebsi ) pembagian materi demam demam (DD) dan demam berdarah ( DBD) siklus nyamuk 10 hari telur ke jentik 2 hari jentik ke kepompong 5 – 7 hari kepompong nyamuk 2 hari , untuk 1 ekor nyamuk bisa bertelur antra 100 hingga 200 telur , waktu gigit darah hingga bertelur 2 – 4 hari , nyamuk yang gigit darah adalah nyamuk betina karena membutuhkan protein buat telurnya . Penanganan nyamuk dengan tebar obat di tempat basah atau abate dan fogging semprot udara .
  6. Penyampaian materi upaya kesehatan kerja ( ukk) dari dinas kesehatan Banyuurip .
    Bahaya potensial di lingkungan kerja dan pelayanan kesehatan pekerja ada di perusahaan sedang ASN ada di pemerintah . Harapannya desa siaga peduli kesehatan kerja .
  7. Diskusi tentang kesehatan .
  8. Penutup.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP INDRA KURNIAWAN MANGUNSONG S.H , S.I.K M.M melalui Kapolsek Banyuurip Akp Sugeng Subagyo SH sebagai bagian dari forkopimca Banyuurip polsek Banyuurip selalu aktif ikut dalam giat tri wulan yang du adakan oleh UPT Puskesmas dengan tujuan jalin kerja sama yang baik dengan unsur kesehatan tingkat kecamatan serta bersama sama cari solusi penanganan permasalahan kesehatan bersama unsur terkait yang ada di masyarakat seperti ODF dan ODGJ agar masyarakat terbebas dari masalah kesehatan yang di derita .

Humas Banyuurip.