.

Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Kanit Binmas Polsek Ngombol Polres Purworejo IPDA Iskandar mewakili Kapolsek Ngombol mengikuti acara Forum Komunikasi Dengar Aspirasi Publik (Critical Voice Point) periode XXIX putaran ke 6 tahun 2019 tentang Mengawal Dana Desa, bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo, (25/06/2019).

Acara tersebut di hadiri oleh Forkompimda Kabupaten Purworejo dan instansi terkait serta Kapolsek jajaran Polres Purworejo.

Dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana desa di alokasikan dari APBN berdasarkan Pasal 72 Ayat 1 Huruf b UU No 6/2014 tentang Desa.

Alokasi APBN untuk dana desa menjadi pos pendapatan bagi keuangan desa dengan mengefektifkan program yang berbasis desa secara merata dan berkeadilan. Alokasi dana desa diharapkan dapat membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam memperkuat upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang makin merata.

Dana Desa sendiri diawasi oleh berbagai pemangku kepentingan di bidang penegakan hukum, satgas Kemendes, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H, S.I.K, M.M melalui Kapolsek Ngombol AKP Yuli Monasoni, S.H. menyampaikan bahwa mari bersama-sama mengawal dana desa, untuk mencegah tindak penyelewangan yang dilakukan oleh aktor-aktor yang tidak bertanggunh jawab, memastikan bahwa dana desa dialokasikan pada kebutuhan pembangunan desa yang tepat sasaran dan berdaya guna dan Kita akan mendukung supaya dana desa itu nanti benar – benar dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

Humas NGB.