Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngombol Polres Purworejo Bripka Sugeng Supriyoto melaksanakan sambang desa binaan serta monitor dan pengamanan kegiatan peninjauan lokasi akan dibangunnya alat pendeteksi Tsunami dari BMKG Yogyakarta, bertempat di pantai Desa Keburuhan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Senin (01/07/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BMKG Yogyakarta bapak Budiarta beserta anggota, Team ahli dari Jepang Mr. takagawa dan Mr. kadoya, Sekretaris BPBD kabupaten Purworejo bapak Windarto beserta anggota, Kasi trantib kecamatan Ngombol bapak Wawan S, Danramil Ngombol Kapten Inf. Bambang Wahyudi, Anggota Bhabinkamtibmad Polsek Ngombol Bripka Sugeng Supriyoto, Kepala Desa Keburuhan bapak Trubus dan Perangkat Desanya.

Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah peninjauan lokasi akan di bangunnya radar pendeteksi tsunami oleh BMKG Pusat yang akan di bangun di pantai Desa Keburuhan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, maksud dan tujuan di bangunnya alat pendeteksi tersebut agar BMKG pusat mendapatkan signal apabila akan terjadi bencana tsunami yang selanjutnya akan di laporkan ke BPBD daerah agar masyarakat pantai khususnya dapat di evakuasi sebelum terjadi bencana, untuk pelaksanaan pembangunan tersebut di rencanakan 2 hari kedepan bersama dengan PT. JRC SPECTRA Indonesia.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H, S.I.K, M.M melalui Kapolsek Ngombol AKP Yuli Monasoni, S.H. menyampaikan bahwa Anggota Bhabinkamtibmas harus selalu aktif di desa binaan, melaksanakan baik pengamanan maupun pengawalan setiap kegiatan baik kegiatan masyarakat maupun kegiatan pemerintahan di desa binaan, dan dengan dipasangnya alat radar pendeteksi tsunami tersebut akan sangat bermanfaat untuk ketanggap dan kewaspadaan masyarakat pantai apabila terjadi tsunami sehingga dapat cepat di evakuasi atau penyelamatan untuk menghindari dampak dari bencana tsunami.

Humas NGB.