Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PPHBN) Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo membentuk tim instruktur untuk menyeleksi dan melatih Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra), Selasa (17/07/2019).

Mewakili Polsek Ngombol Polres Purworejo Kanit Binmas Polsek Ngombol IPDA Iskandar dan Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngombol Bripka Ari Mashuri, SH menyampaikan bahwa mulai hari ini tim instruktur yang terdiri TNIdari Koramil Ngombol, Polri dari Polsek Ngombol dan Satpol PP Kecamatan Ngombol dan instansi terkait sudah melaksanakan kegiatan seleksi calon Paskibra ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo.

“Mengingat pelaksanaan yang tinggal satu bulan lagi, mulai hari ini kami mulai bergerak ke masing-masing sekolah untuk melakukan seleksi calon Paskibra yang akan dilatih untuk sebulan kedepan,” ujar IPDA Iskandar.

Masih menurut IPDA Iskandar mengungkapkan bahwa tim instruktur akan menjaring sedikitnya 75 pelajar putra dan putri SMA sederajat yang telah memenuhi kriteria baik mental maupun fisik untuk menjalani pelatihan selama kurang lebih sebulan kedepan, mereka yang terpilih menjadi Paskibra harus punya rasa bangga, karena tidak semua siswa dapat terpilih menjadi Paskibra.

“Anggota Paskibra yang sudah terpilih sebanyak 75 siswa dengan rincian 35 putra dan 40 putri yang nantinya akan digembleng selama 2 minggu juga dibekali pengetahuan wawasan kebangsaan untuk menjadi Paskibraka yang berdisiplin, berkarakter baik dan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi,” sebelum terseleksi para Siswa calon Paskibra diuji terlebih dahulu dengan mengikuti PBB (Peraturan Baris berbaris) baik secara individu maupun kelompok untuk mengetahui layak tidaknya siswa yang bersangkutan untuk menjadi Paskibraka” ujar IPDA Iskandar.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Ngombol AKP Yuli Monasoni, S.H. menyampaikan bahwa Polsek Ngombol bersama unsur Muspika Kecamatan Ngombol serta instansi terkait akan memantau setiap perkembangan dari tahap seleksi dan pelatihan ini sehingga diharapkan melalui upaya yang dilakukan ini seluruh tim dan peserta akan tampil maksimal di acara puncaknya, yakni upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2019, dan dengan dilaksanakannya kegiatan pemilihan siswa yang akan mewakili sekolahnya untuk dilatih menjadi Paskibraka dalam rangka peringatan 17 Agustus 2019 mendatang, diharapkan dapat menjadi pembekalan bagi siswa untuk menjadi contoh dan tauladan bagi siswa lainnya.

Humas NGB.