Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Dalam rangka untuk menindaklanjuti perintah dari satuan atas yang memberikan kewenangan kepada para Bhabinkamtibmas untuk ikut mendampingi dan mengawasi penggunaan dana desa, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Bagelen Polres Purworejo secara rutin melakukan kegiatan sambang desa sekaligus melakukan pengecekan terhadap jalannya proses pembangunan yang ada didesa binaan masing masing.
Seperti yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Desa Dadirejo Polsek Bagelen Polres Purworejo Aiptu Muta’ali melakukan sambang desa binaan sekaligus melakukan pengecekan terhadap proses pembangunan rabat jalan yang berada Dusun Pletuk. Senin ( 22/7/2019).

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas tidak lupa untuk membantu para pekerja yang merupakan warga Desa Dadirejo sekaligus memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas serta mengajak untuk seluruh warga mengawasi pengunaan dana desa yang jumlahnya tidak sedikit tersebut.
“Untuk menjaga penggunaan dana desa agar sesuai dengan peruntukkannya, kami selaku Bhabinkamtibmas akan selalu aktif melakukan kegiatan sambang kedesa binaan dan sering-sering menitipkan pesan kepada semua perangkat desa maupun kepada pengelola dana desa agar menggunakan dana desa sesuai dengan peruntukannya disamping itu kami juga selalu melakukan kontrol terhadap jalannya pembangunan yang mengunakan dana desa,” ucap Aiptu Muta’ali.

Ditempat terpisah Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H., S.I.K., M.M. Kapolsek Bagelen AKP Sarjana mengatakan bahwa kegiatan sambang desa binaan sekaligus melakukan kontrol terhadal proses pembangunan jalan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas merupakan salah satu tugas dari anggota Bhabinkamtibmas yaitu melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya penyelewengan serta penyalahgunaan dana anggaran yang diterima oleh desa sehingga dapat tepat sasaran dan juga tepat guna.
“Kepolisian akan selalu melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pengunaan dari dana desa untuk mencegah adanya oknum yang sengaja menguntungkan dirinya sendiri maupun kelompoknya,” kata AKP Sarjana.
Kapolsek Bagelen menambahkan, bahwa sangat mengharapkan warga masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa, dan bila ada hal hal yang mencurigakan tentang pengunaan dana desa agar segera melaporkan kepada Polsek Bagelen Polres Purworejo agar dapat segera ditindak lanjuti.