Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ngombol Polres Purworejo, secara rutin melaksanakan kegiatan sambang desa binaan didalam memelihara kamtibmas guna terciptanya situasi dan kondisi didesa binaan tetap dalam keadaan aman nyaman dan kondusif sekaligus untuk mendukung pembangunan yang ada di Desa binaan.

Kegiatan sambang Desa binaan tersebut seperti yang dilakukan oleh Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngombol Polres Purworejo Aiptu Sumaryono dan Bripka Sugeng Supriyono melaksanakan kegiatan sambang sekaligus mengadakan koordinasi dan bersilaturahmi dengan para perangkat Desa Pagak Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Jum’at (26/07/2019).

Dalam kesempatan koordinasi itu, Aiptu Sumaryono dan Bripka Sugeng Supriyoto tidak lupa untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan kamtibmas kepada perangkat desa, sekaligus mengajak perangkat desa untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lingkungan masing masing, sebagai upaya untuk menciptakan stabilitas kamtibmas yang aman dan kondusif utamanya di wilayah Desa Pagak dan wilayah hukum Polsek Ngombol Polres Purworejo.

“Kami minta kepada seluruh perangkat Desa Pagak untuk dapat meningkatkan peran aktif didalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban yang ada dilingkungan masing – masing serta memberdayakan seluruh warga masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban yang ada dilingkungan masing – masing,” kata Aiptu Sumaryono.

Sementara itu saat ditemui usai pelaksanaan sambang desa binaan, Aiptu Simaryono dan Bripka Sugeng Suproyoto mengatakan bahwa kegiatan sambang desa binaan yang selalu dilaksanakan tersebut bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa tugas -tugas Kepolisian tidak hanya sebagai aparat penegak hukum saja, melainkan juga sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat, hal ini bertujuan agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya di Desa Pagak pada khususnya dan wilayah hukum Polsek Ngombol Polres Purworejo pada umumnya.

“Ngobrol santai dan koordinasi bersama tiga pilar maupun ngobrol dengan warga, merupakan hal yang sangat bermanfaat dan lebih tepat sasaran didalam memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas secara langsung, sekaligus untuk mengajak warga masyarakat agar dapat lebih berperan secara aktif dalam menjaga keamanan lingkungan utamanya ditempat tinggalnya masing masing,” terang Bripka Sugeng Supriyoto.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Ngombol AKP Yuli Monasoni, S.H. mengatakan bahwa kegiatan sambang desa tersebut bertujuan untuk selalu menjalin hubungan silahturahmi diantara perangkat desa dengan aparat keamanan agar tercipta hubungan yang harmonis dan kerjasama yang baik.

“Kordinasi dengan Perangkat Desa sangat di perlukan, karena Bhabinkamtibmas tidak bisa sehari-hari berada didesa binaan, sehingga bila sewaktu waktu Bhabinkamtibmas tidak ada di tempat, maka perangkat desa dapat memelihara Kamtibmas secara swadaya,” jelas AKP Yuli Monasoni, S.H.

Humas NGB.