Deteksi Dini Dan Penanganan Kegawatdaruratan Psikiatri” Polsek Bayan Polres Purworejo Dukung Upaya Penanganan ODGJ

Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Kamis (5/09/2019) Dari hasil pendataan UPT Puskesmas Bayan Wilayah Kecamatan Bayan termasuk memiliki jumlah penduduk penderita gangguan jiwa yang tertinggi dibandingkan wilayah kecamatan lain, mencapai lebih dari 300 orang dan jumlah ini masih ada kemungkinan bertambah, berbagai upaya telah dilakukan oleh dinas kesehatan UPT Puskesmas Bayan bekerjasama dengan Polsek Bayan memberikan upaya pemeriksaan pengobatan dan evakuasi untuk diberikan perawatan secara intensif guna kesembuhan para penderita gangguan jiwa tersebut.

Menindak lanjuti permasalahan tingginya angka orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) hari ini bertempat di Balai desa Bandungrejo Kecamatan Bayan diselenggarakan sosialisasi “Deteksi Dini Dan Penanganan Kegawatdaruratan Psikiatri” Focus Group Discussion ( FGD ) oleh dr. Erih Williasari, Sp. KJ dengan mengundang kader perwakilan dari masing-masing desa untuk upaya penanggulangan ODGJ, masyarakat diberikan sosialisasi cara mengenali sekaligus upaya penaganan jika menjumpai tanda-tanda sejak dini sehingga dapat melakukan upaya yang tepat untuk dapat mencegahnya, dalam acara Sosialisasi tersebut Iptu Sarbini, S.H. Kapolsek Bayan memerintahkan Kanit Binmas Ipda Saniman beserta Babhinkamtibmas hadir mendukung kegiatan tersebut, seperti upaya yang selama ini telah dilakukan bersama Puskesmas Bayan dalam membantu penanganan dan evakuasi ODGJ.

Pada Kesempatan lain Kapolres Purworejo Polda Jateng Akbp Indra Kurniawan Mangunsong, S.H., S.IK., M.M. melalui Kapolsek Bayan Polres Purworejo Iptu Sarbini, S.H. menyampaikan keterangan berkaitan penanganan ODGJ, Polsek Bayan mendukung sepenuhnya UPT Puskesmas Bayan dalam penanganan ODGJ dengan melakukan pendampingan dan membantu evakuasi para penderita gangguan jiwa untuk dibawa ke rumah sakit guna penanganan pengobatan, diharapkan dengan upaya penaganan secara intensif ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masyarakat dan para penderita mendapatkan upaya pengobatan yang layak guna kesembuhan penyakit jiwanya. (Humas Polsek Bayan)

Tinggalkan komentar