Polsek Purwodadi Polres Purworejo Pantau Simulasi Pemilihan Kades

Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Di Pendopo Balai Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo dilaksanakan simulasi pemilihan Kepala Desa, penetapan bakal calon Kepala Desa menjadi Calon Kepala Desa dan pengambilan nomor urut calon Kepala Desa yang diselenggarakan oleh Panitia Pengisian Kepala Desa Antar Waktu Desa Ketangi (16/09/2019)

Untuk mengetahui dan memastikan pelaksanaannya Polsek Purwodadi Polres Purworejo Polda Jateng melalui Kanit Intel Aiptu Hasanudin memantau dan memonitor kegiatan tersebut

Sambutan Ketua Panitia mengatakan
undangan pada hari ini adalah hajat panitia dalam rangka simulasi pemilihan Kepala Desa, Penetapan Bakal calon Kepala Desa menjadi Calon Kepala Desa, Pengambilan nomor urut calon Kepala Desa.
Panitia mengundang 130 peserta Musyawarah Desa dan tokoh lainnya agar nantinya pelaksanaan pemilihan Kades Antar waktu yang akan di laksanakan tanggal 27 September 2019 berjalan lancar dan menghasilkan calon Kepala Desa yang terbaik menurut masyarakat.

Sambutan Ketua BPD mengatakan tahapan pemilihan Kepala Desa antar waktu sudah berjalan mulai bulan Juli 2019, dimulai dengan pembentukan panitia selanjutnya panitia melaksanakan tahapan-tahapan dari pendaftaran, pelaksanaan musyawarah Dusun hingga menghasilkan peserta musyawarah Desa 130 perwakilan Desa dari masing-masing Dusun yaitu 10% dari DPT Pemilu 2019 sebanyak 1.330.
Ditawarkan kepada peserta musyawarah Desa bahwa nantinya pelaksanaan Pilkades antar waktu apakah akan menggunakan aklamasi atau Pemungutan suara. Musdes dianggap memenuhi quorum apabila peserta musyawarah Desa hadir 2/3 dari 130.

Simulasi pemungutan suara Pilkades antar waktu apabila tidak bisa dilaksanakan secara aklamasi peserta musdes wajib hadir 30 menit sebelum pelaksanaan Musdes. Registrasi peserta Musdes/absen.
Setelah lengkap/memenuhi quorum baru dilaksanakan Musdes/pemungutan suara. Panitia memanggil peserta Musdes untuk melaksanakan pemungutan suara sesuai dengan daftar hadir dan urut dari RW 1 sampai RW 6. Peserta Musdes diberikan secarik kertas kosong yang telah distempel untuk menuliskan nomor pilihannya ( nomor calon Kades). Setelah menuliskan nomor calon Kades peserta musdes melinting kertas tersebut dan dimasukkan ke dalam toples sesuai dengan RW nya masing-masing. Apabila terjadi draw/2 calon Kades mendapatkan nilai yang sama jumlahnya maka untuk menentukan yang berhak mendapatkan nilai terbaik yaitu dengan cara menghitung selisih dari perolehan masing-masing RW dan selisih yang terdekat dari perolehan jumlah suara tersebut maka yg akan ditetapkan menjadi kades. Dalam penghitungan suara akan digunakan plano.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan M. S.H., S.I., M.M. melalui Kapolsek Purwodadi Polres Purworejo Polda Jateng Kompol Sutrisno mengatakan simulasi tersebut merupakan gambaran nyata aktivitas pemungutan dan penghitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan simulasi tersebut untuk membekali Panitia Pilkades antar waktu dan peserta musyawarah Desa dari perwakilan masing-masing RW. Simulasi dilakukan untuk memastikan Panitia Pilkades antar waktu dan peserta musyawarah Desa dari perwakilan masing-masing RW memahami mekanisme pemungutan dan penghitungan surat suara pada pemilihan Kepala Desa antar waktu di Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo

Hadir dalam simulasi Camat Purwodadi, Dinpermades Kabupaten Purworejo, Kapolsek Purwodadi diwakili Wakapolsek, Danramil Purwodadi, Panitia Pilkades antar waktu, Pj Kades Ketangi, Ketua BPD dan Anggota, Undangan / Peserta Musdes dari 6 RW sejumlah 130 orang ( Hadir 116 )

Pengambilan nomor urut balon Kades dengan hasil nomor 1 Sdr. Didik Budiyanto, nomor 2 Sdr. Timbul Wahyu Handoko, nomor 3 Sdr. Hartono dan dari ke 3 Balon ditetapkan seluruhnya memenuhi syarat untuk menjadi Calon Kades.

Humas Purwodadi

Tinggalkan komentar