Jumat, November 25, 2022
BerandaTak BerkategoriBhabinkamtibmas Polsek Ngombol Polres Purworejo Amankan Pagelaran Wayang Kulit di Desa Depokrejo...

Bhabinkamtibmas Polsek Ngombol Polres Purworejo Amankan Pagelaran Wayang Kulit di Desa Depokrejo Ngombol

Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngombol Polres Purworejo Aiptu Sumaryono sambang desa binaan dan pengamanan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka merti desa / bersih desa di rumah bapak Legino Kepala Desa Depokrejo Kacamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Sabtu (21/09/2019).

Merti Desa / Bersih Desa pada hakekatnya bagi masyarakat Jawa adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan karunia yang diberikan baik karunia rezeki, kesehatan, dan ketentraman bagi warga masyarakat.

Merti desa dilaksanakan pada bulan – bulan tertentu sesuai dengan kalender jawa, kegiatan merti desa antara lain pembersihan lingkungan desa, membersihkan makam desa dan kenduri bersama di lanjutkan dengan puncak kegiatan merti desa dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Radyo Harsono dengan lakon Sri Boyong.

Aiptu Sumaryono menyampaikan acara seperti ini bukan hanya sebagai simbolisasi tradisi, melainkan pengenalan budaya kepada masyarakat dan anak muda, selain itu juga untuk menjaga agar tradisi merti desa tidak punah, acara merti desa seperti ini juga bermanfaat bagi para warga maayarakat itu sendiri, karena dengan adanya merti desa warga masyarakat desa sekitar bisa saling silaturohmi dan mereka merasa sangat senang sekali dengan kehadiran Anggota Babinkamtibmas dalam acara wayang kulit semoga kedepan acara seperti ini bisa selalu di rayakan sehingga tradisi merti desa tidak hilang.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, S.H, S.I.K, M.M melalui Kapolsek Ngombol AKP Yuli Monasoni, S.H. menyampaikan bahwa Anggota Bhabinkamtibmas harus selalu hadir dan tampil di desa binaannya, harus mengamankan semua kegiatan warga masyarakat di desa binaan, sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat dalam menciptakan rasa aman di tengah – tengah masyarakat dan kami selalu siap mengamankan agar mereka bisa merasa aman dalam melakukan kegiatan, dan bisa merasakan kehadiran Polri ditengah – tengah masyarakat.

Humas NGB.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments