Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaTak BerkategoriKapolsek Purwodadi Polres Purworejo Menghadiri Musyawarah Dalam Rangka Rencana Penataan Kios Pasar...

Kapolsek Purwodadi Polres Purworejo Menghadiri Musyawarah Dalam Rangka Rencana Penataan Kios Pasar Pagi Desa Keduren Purwodadi.

Polres Purworejo, Polda Jateng – Tribratanewspurworejo.com – Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Keduren Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Kapolsek Purwodadi Polres Purworejo IPTU Ujianto, S.E. bersama Muspika Purwodadi menghadiri musyawarah dalam rangka Rencana Penataan Kios Pasar Pagi Desa Keduren Purwodadi, Selasa malam (07/07/2020).

Hadir dalam musyawarah tersebut Camat Purwodadi bapak Drs. Hartono MM, Kapolsek Purwodadi IPTU Ujianto, SE, Babinsa Koramil Purwodadi Sertu Wahyana, Kasi Trantip Kecamatan Purwodadi bapak Supriyono, Kepala Desa Keduren bapak Ahmad Sutopo dan perangkat desanya, Ketua BPD dan Anggota BPK Desa Keduren serta penghuni kios Pasar Pagi.

Musyawarah Dipimpin oleh Wakil Ketua BPD Desa Keduren bapak Totok dan Panitia penataan pasar pagi bapak Supariyono.

Adapun sambutan – sambutan yang disampaikan antara lain :
Sambutan Kepala Desa Keduren menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forkompincam Purwodadi dan seluruh undangan, inti musyawarah adalah revitalisasi penataan pasar pagi, menggali PAD dari potensi desa yang ada, asas yang berlaku adalah merupakan azas kepentingan masyrakat, sikap pemdes Keduren menyikapi adanya isu atau rumor bahwa DD akan segera di akhiri sehingga desa harus mampu berdikari untuk menggali potensi desa demi kelangsungan pembangunan desa apabila DD ditiadakan.

Sambutan Camat Purwodadi antara lain bahwa rencana penataan pasar pagi merupakan rencana pembangunan desa yang sudah tercantum dalam RPJMDes dengan tujuan untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat, adanya beberapa persepsi yang berbeda pengguna kios pasar merupakan hal yang wajar mengenai adanya rencana penataan pasar pagi sehingga perlu adanya pertemuan atau musyawarah demi menyamakan persepsi dan satu tujuan yaitu adanya rencana penataan pasar demi untuk kepentingan bersama dan masyarakat desa Keduren sendiri, tanah lokasi pasar pagi merupakan bondo deso yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat bersama dan pemdes berhak untuk mengelola demi mencapai tujuan terbaik, adanya isu mengenai DD dari Perintah pusat akan di cabut merupakan hal yang belum jelas namun demikian Desa juga harus mampu untuk memajukan dan mengelola aset potensi desa demi PAD sehingga apabila DD diakhiri maka desa sudah siap dengan adanya pengelolaan yang baik dan manfaat.

Kapolsek Purwodadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam proses suatu tujuan pasti akan mengalami kendala tertentu, perbedaan persepsi merupakan hal yang sangat wajar, namun demikian dalam rangka musyawarah ini yang merencanakan penataan atau revitalisasi pasar pagi yang bertujuan untuk kepentingan desa dan masyarakat luas tentunya dengan musyawarah ini akan memperoleh satu titik temu yang bermanfaat untuk masyarakat dan Pemdes, sampaikan hal – hal yang menjadikan unek – unek atau menjadi ganjalan dalam forum musyawarah ini agar dapat mencapai titik kesepakatan sehingga akan terealisasi apa yang menjadi rencana.

Penyampaian dari Pemdes dan Panitia antara lain adalah Desa merencanakan untuk penataan pasar pagi keduren, Pasar pagi akan di revitalisasi dan nantinya pengelolaan pasar pagi akan di kelola oleh Bumdes dengan tetap memfungsikan sebagai pasar pada lantai bawah, sedangkan lantai atas akan difungsikan sebagai kamar kost, rencana biaya 1,8 M dari DD, dan sosialisasi yang dilaksanakan dengan isi bahwa dengan luas lahan pasar pagi yang saat ini dihuni 14 pedagang setelah diukur sebenarnya bisa difungsikan menjadi 20 kios, bahwa nantinya pemdes akan memberikan kompensasi kepada penghuni pasar pagi dengan 1 tahun gratis menempati kios tersebut karena pemdes tidak bisa memberikan ganti rugi disebabkan tanah yang ditempati adalah merupakan aset desa, pengelolaan Pasar pagi nantinya oleh Bumdes dengan perjanjian sewa kepada penghuni untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa

Aspirasi dari penghuni pasar adalah intinya mendukung dengan rencana pembangunan atau revitalisasi dan penataan pasar pagi, belum bisa menerima mengenai kompensasi dari desa dan belum sepakat mengenai hal – hal yang diinginkan oleh penghuni pasar karena belum ada titik temu dengan pemdes dan panitia.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Rizal Marito, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Purwodadi IPTU Ujianto, S.E. mengatakan bahwa sebagai petugas Kepolisian kami selalu hadir di setiap terdapat kegiatan kemasyarakatan, hal ini dimaksudkan untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman, damai dan kondusif di wilayah Polsek Purwodadi Polres Purworejo.

Humas PWD.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments