Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaTak BerkategoriGiat Polsek Purworejo Simulasi Penanganan Unjuk Rasa

Giat Polsek Purworejo Simulasi Penanganan Unjuk Rasa

Polres Purworejo Polda Jateng -tribratanewspurworejo.com- Puluhan Masa massa berkumpul di depan Mapolsek Purworejo, Kamis (16/07/2020) .

Massa langsung melakukan orasi menuntut keadilan penanganan Polsek Purworejo yang dinanggap kurang adil . Peserta aksi juga membawa batu dan di lemparkan sebagai bentuk aksi protes.

Situasi tersebut bukan aksi demo sungguhan yang berujung bentrok. Namun, hanya simulasi yang dilakukan jajaran Polsek Purworejo untuk mengantisipasi aksi demo.

Sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 13 ayat (3), Undang-Undang No. 9 Tahun 1998, bahwa dalam pelaksanaan Penyampaian pendapat dimuka umum, Polri bertanggung jawab menyelenggarakan pengamanan untuk menjamin kemanan dan ketertiban umum sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Untuk itu dalam menyelenggarakan pengamanan guna menjamin keamanan dan ketertiban umum, Polsek Purworejo melaksanakan simulasi pengamanan unjuk rasa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta mengacu kepada Peraturan Kapolri (Perkap) No.Pol : 16 Tahun 2006, tentang pedoman pengendalian massa (Dalmas).

Simulasi pengamanan unjuk rasa dipimpin langsung oleh Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi didampingi oleh Anggota Polsek Purworejo dimana dalam pelaksanaan simulasi yang berlangsung diikuti oleh Personel Polsek Purworejo.

Atasnama Kapolres Purworejo AKBP Rizal Matito S.H, S.I.K, M.Si melalui Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi mengatakan Pengendalian Massa terdiri dari Tim Negosiator yaitu anggota Polri yang melaksanakan perundingan melalui tawar menawar dengan massa pengunjuk rasa guna mencapai kesepakatan bersama, yang kedua, Dalmas Awal yaitu peleton Dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus Kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib, kemudian yang ketiga Dalmas Lanjut adalah Peleton Dalmas yang dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus yang digerakkan dalam menghadapi situasi massa yang sudah tidak tertib.

[hmspwrkta]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments