Anggota Polsek Purwodadi Monitor Kegiatan Rakor Panwaslucam dengan PKD se Kecamatan Purwodadi

tribratanewspurworejo.com – Kanit Intelkam Polsek Purwodadi Polres Purworejo Aiptu Hasanudin, SH beserta Anggota Intelkam Polsek Purwodadi melaksanakan monitor kegiatan Rapat Koordinasi Panwaslucam dengan PKD se Kecamatan Purwodadi dalam masa kampanye dalam rangka Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Purworejo 2020, bertempat di Pendopo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Sabtu (17/10/2020).

Rapat koordinasi tersebut di hadiri oleh Ketua Panwaslucam Purwodadi bapak Edy Priyoto dan Anggota, Koordinator divisi Sumberdaya manusia ibu Lucia Ferari Aswendi, Komisioner Panwaslucam Purwodadi, Sekretariat Panwaslucam Purwodadi dan Anggota PKD se Kec. Purwodadi.

Rangkaian acara rapat koordinasi tersebut meliputi pembukaan, sambutan, mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bawaslu, penyampaian materi dan penutup.

Dalam sambutannya Ketua Panwascam Purwodadi bapak Edy Priyoto menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut mengenai pengawasan tahap kampanye, Panwascam sudah melaksanakan rekruitmen pengawas TPS se Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Purwodadi ada 101 TPS dan penyamaan persepsi dalam pengawasan kampanye ( APK dan Kampanye ) sesuai dengan aturan Bawaslu, serta rapid test Panwaslucam dan PKD serta sekretariat tanggal 27 oktober 2020.

Sedangkan Ketua Sekretariat Panwaslucam Purwodadi menyampaikan bahwa dalam tahap kampanye tugas Pengawas sudah harus dilaksanakan secara masif karena bentuk kampanye pilkada tahun 2020 ini berbeda dengan pilkada tahun2 lalu karena masa Covid19, pengawasan netralitas thd ASN, Kepala Desa dan perangkat desa, Panwas desa tidak diperbolehkan selfie atau berfoto dengan calon, team sukses, apapun alasannya apalagi sambil menunjukkan jari yang seolah – olah mendukung salah satu paslon, laporan Panwasludes yang berkaitan dengan administrasi agar ditaati dan diselesaikan demi kelancaran tugas pengawas, agar HP anggota pengawas jangan sampai Off berkaitan untuk kesinambungan laporan karena sudah didukung Pulsa dari Bawaslu, agar panwas jangan sampai share berita kemanapun baik japri atau WAG berita yang belum tahu kebenarannya.

Sedangkan inti materi yang disampaikan Ketua Panwaslucam Purwodadi adalah bahwa masa Kampanye mengenai pengawasan APK, Keputusan KPU No.64 : – Pengawasan APK yang di fasilitasi oleh KPU atau yang di buat sendiri oleh Paslon atau tim Kampanye dengan ukuran, desain, tempat dan jumlah APK, Bahan kampanye ( kaos, masker, payung, cairan anti septik ), Jenis pelanggaran : ukuran, desain, tempat dan jumlah APK, Laporan Panwaslucam diteruskan per minggu ke Bawaslu sehingga PKD juga harus benar2 mengawasi APK yang melanggar dan melaporkan ke Panwaslucam, apabila ada pelanggaran mengenai APK PKD mendata dan di laporkan pada panwaslucam kemudian panwaslucam akan mengompulir dan melaporkan data ke Bawaslu kemudian Bawaslu akan melaporkan ke KPU untuk direkomendasikan kepada Tim Kampanye masing2 Paslon untuk melepas APK tersebut, pemasangan APK di pohon yang dilarang adalah di Pohon milik pemerintah, semua kegiatan kampanye agar pelaporannya di buat Form.

Sementara itu Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Rizal Marito, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Purwodadi IPTU Ujianto, S.E. menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini diadakan dengan tujuan mengantisipasi terjadinya kesalahan pada proses sampai tahapan pemilihan berakhir, salah satu tugas pokok kita adalah pencegahan, karena di setiap tahapan pasti ada potensi pelanggaran, untuk kita harus punya langkah strategis sebagai pengawas dalam melakukan tahapan selanjutnya.

Humas PWD.

Tinggalkan komentar