Kapolsek Purwodadi Memimpin Pengamanan Kunjungan Menteri PPN / Kepala Bappenas

tribratanewspurworejo.com – Kapolsek Purwodadi Polres Purworejo IPTU Ujianto, SE memimpin pengamanan Kunjungan Menteri PPN / Kepala Bappenas dalam rangka dialog Kemitraan Multi Pihak bidang Perikanan Budi daya Udang dengan tema Tambak Udang Rakyat menggerakan ekonomi Jawa Tengah, bertempat di Rumah Kepala Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jum’at (16/10/2020).

Kunjungan tersebut di hadiri oleh Menteri PPN / BAPPENAS yang diwakili Direktur politik luar negeri dan kerjasama pembangunan internasional Bapak Dr. ir Wisnu utomo, M.Sc, Direkur Regional 1 PPN bapak Okke, Kepala Balai Perikanan Air Payau Kabupaten Jepara bapak Sugeng Raharjo, Bupati Purworejo diwakili Kadinas PPKP Kabupaten Purworejo bapak Wasit Diono, S.Sos, Kepala Bappeda Kabupaten Purworejo bapak Bambang Jati Asmara, Camat Purwodadi Drs. Hartono, MM, Danramil Pwd Kapten Inf. Amad Kurdi, Kapolsek Purwodadi IPTU Ujianto, SE, Kepala Desa Jatikontal bapak Sutanto dan Perangkat Desanya serta Perwakilan Petani Tambak.

Sambutan selamat datang dari Bupati Pwr diwakili Kadinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan bapak Wasit Diono, S.Sos antara lain pertama – tama marilah kita bersama memanjatkan Puji syukur kepada Tunan Bapak Menteri serta Bapak – Ibu sekalian, Ijinkan kami atas nama Ucapan Terima kasih dan Selamat Datang kepada Bapak Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas beserta staf dan rombongan di Kabupaten Purworejo tepatnya di Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi dalam agenda Kunjungan kerja Bapak Menteri untuk bertemu serta berdialog langsung dengan masyarakat khususnya masyarakat Pembudidaya Udang di Kabupaten Purworejo, Kabupaten Purworejo adalah Kabupaten yang terletak di Wilayah Selatan yang wilayahnya berdekatan dengan Bandara YIA, serta mempunyai potensi yang cukup besar di bidang pertanian, peternakan serta perikanan. Khusus untuk Bidang Perikanan potensi yang dimiliki masyarakat Kabupaten Purworejo adalah Budidaya Udang Vanamei untuk Budidaya Air Payau dan untuk Budidaya Air Tawar dengan komoditas ikan Gurami , Lele dan Nila, luas lahan Budidaya Udang di Kabupaten Purworejo tercatat kurang lebin seluas 400 Ha, berada di 3 ( tiga ) kecamatan vaitu Kecamatan Grabag, NgomboI dan Purwodadi. Jenis udang yang dibudidayakan adalah jenis Udang Vanamei. Budidaya udang jenis Vanamei ini oleh masyarakat purworejo telah dimulai sejak Tahun 2010 dengan sistem Mulsa artinya budidaya menggunakan plastik mulsa dengan teknologi Semi Intensif sampai Intensif. Budidaya udang Vanamei ini sangat cocok di Kabupaten Purworejo, sehingga saat ini masih dapat berjalan dan berkembang dengan baik, tercatat hampir 632 orang sebagai pembudidaya udang. Dampak posisitf yang dirasakan adanya budidaya udang vanamei ini mampu membuka sentra ekonomi baru serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah pesisir serta masyarakat Kabupaten Purworejo pada umumnya. Produksi udang vanamei pada tahun 2019 tercatat kurang lebih 3.200 ton dengan nilai produksi lebih dari Rp. 155 Milyar, daerah pemasarannya ke luar kota seperti Jakarta, Surabaya, Circbon dan Cilacap. Bapak Menteri serta Hadirin yang berbahagia, Itulah sekilas gambaran potensi budidaya udang di Kabupaten Purworejo, selanjutnya keberhasilan yang sudah dicapai oleh para pembudidaya udang, tentunya juga menyisakan beberapa permasalahan atau kendala , untuk itu dalam kesempatan yang baik ini dan sesuai dengan tema tujuan Kunjungan Kerja Bapak Menteri saat ini yaitu Melaksanakan Dialog Kemitraan Multi Pihak Bapak Menteri berkenan untuk berdialog langsung dengan para kiranya pembudidaya udang sekaligus memberikan sambutan dan arahan. Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini , sekali lagi saya atas nama Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Masyarakat mengucapkan Terima Kasih atas Kunjungan Kerja Bapak Menteri , dan mohon maaf atas kekurangan kami dalam menerima Bapak Menteri dan rombongan

Dalam sambutannya Direktur Politik luar negeri dan kerjasama pembangunan Nasional menyampaikan permohonan maaf kepada Kabupaten Purworejo karena Bapak Menteri berhalangan hadir untuk tugas lainnya, bahwa acara Dialog kemitraan Multi Pihak ini diselenggarakan oleh Kementrian PPN / Bappenas dengan maksud untuk meningkatkan perekonomian pada bidang perikanan di seluruh wilayah Indonesia dan mencari solusi dari berbagai pihak dengan memperbaiki dan pengembangan budidaya Udang air laut, dan perikanan pada air payau serta air tawar, berbagai macam kendala yang terjadi pada masing – masing daerah berbeda – beda dengan iklim dan karakteristik daerahnya dan yang paling utama adalah Permodalan benih dan pakan yang berkualitas, permasalahan petambak yang ada mari di diskusikan bersama pada kesempatan ini untuk menemukan solusi.

Selanjutnya inti dialog Keluhan Petani Tambak antara lain akses jalan dan Jembatan ke Tambak udang, status tanah tambak dan harga pasaran udang yang selanjutnya mendapat tanggapan antara lain masalah akses jalan ke tambak akan segera di fasilitasi oleh Direktur regional 1 dengan berkoordinasi dengan Dishub, masalah tanah HGU sudah di ajukan kepada BPN Pusat dan masalah harga pasaran akan dilakukan pemantauan secara kontinue dan acara dilanjutkan dengan panen udang di tambak milik Kepala Desa Jatikontal.

Sementara itu Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Rizal Marito, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Purwodadi IPTU Ujianto, S.E. menyampaikan bahwa laksanakan pengamanan ini sesuai dengan SOP yang berlaku, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungan kepada kita sekalian dalam mengemban tugas pengamanan.

Humas PWD.

Tinggalkan komentar