tribratanewspurworejo.com -Dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 dan mendukung pelaksanaan Posko PPKM berbasis mikro personil Polsek Bayan bersama Babinsa Koramil 02 melaksanakan Ops Yustisi dan membagikan masker di Pasar Krandegan Kecamatan Bayan. Kamis (11/06/2021).

Mengingat terjadinya peningkatan angka positif Covid-19 di beberapa wilayah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Polsek Bayan melaksanakan Ops Yustisi. Kegiatan tersebut mengimplementasikan Inpres No. 6 th 2020 dan Perbup Kabupaten Purworejo No. 80 th 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Virus Covid-19.

Aipda Joko mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berdisiplin dalam melaksanakan prokes. Patuhi 5 M dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi. “Mari bersama perangi Covid-19. Jangan abai dan jangan lalai. Pandemi belum berakhir, masih ada warga yang terinfeksi virus Corona ,” kata Aipda Joko.

Masyarakat masih ada yang belum berdisiplin dalam berprotokol kesehatan diantaranya dengan tidak menggunakan masker. Teguran lisan dan himbauan diberikan dengan humanis. Sanksi sosial diantaranya dengan mengucapkan Pancasila kepada masyarakat yang tidak mentaati protokol kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut dibagikan 20 masker kepada warga. Dengan harapan warga dapat terlindungi dari penyebaran virus dan melindungi orang lain. “Kita tidak tahu kondisi kesehatan masing-masing, dengan menggunakan masker dan jaga jarak saat bertransaksi di Pasar insyaalah kita semua akan sehat,” pungkas Aipda Joko.

Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Rizal Marito, S.I.K S.H. M.Si. melalui Kapolsek Bayan IPTU Sarbini, S.H. mengatakan Polsek Bayan bersama instansi terkait meningkatkan kegiatan Ops Yustisi di beberapa lokasi. Kegiatan teguran, himbauan dan bagi masker sebagai upaya Polsek Bayan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

Humas Polsek Bayan.