Polres Purworejo Polda Jawa Tengah – Tribratanewspurworejo.com – Guna menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Purworejo Nomor : 443/5894 tahun 2021 tanggal 31 Agustus 2021 tentang Pelaksanaan isolasi terpusat di tingkat Kecamatan dan Kabupaten untuk pengendalian penyebaran virus Covid-19 di Kab. Purworejo, team gugus tugas Kec. Bener selenggarakan rapat koordinasi, Kamis (02/09/2021)

Hadir dalam acara tersebut :
Camat Bener Agus Widiyanto, SIP, M.Si;
Danramil 13/Bener Kapten Inf. Daliman; Kapolsek Bener Iptu Setio Raharjo, S.H., M.H.; Kepala KUA Bener Nurudin, S.Pd.I; Kepala BP KKBPK Kec. Bener Ir. Hari Sugiharto;
Kepala BPP Bener Sam Rofik; Sekcam Bener Vivin Suryandari Feriyani, S.STP, M.M.; Kepala UPT Puskesmas Bener diwakili sdri Endang; Dinas DPUPR dan Irigasi Wil Bener Loano Ngaderi; Kasi Trantib Kec. Bener Adi Saptono, S.Sos.

Rakor dipimpin Camat Bener yang memberi sambutan
– Ucapan terimakasih atas kehadiran gugus tugas Kec. Bener serta dinas instansi terkait, kegiatan ini menindaklanjuti berlakunya perpanjangan PPKM dan SE Bupati Purworejo, sebagaimana kita ketahui Kab. Purworejo masih berada di PPKM level 4.
Melihat angka konfirmasi Covid-19 bulan Agustus sebanyak 107 orang, kematian 10 orang, isoman 83 orang rawat rumah sakit 24 orang. Masuk bulan September terdapat 3 terkonfirmasi Covid-19, 1 dirawat di Rumah Sakit dan 2 orang Isoman.
– Kami membutuhkan bantuan semua pihak agar tidak terjadi lonjakan Covid-19, di masyarakat masih banyak kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan orang yang dapat meningkatkan Covid-19. Dari Forkompincam kami komitmen tidak memberikan ijin secara tertulis maupun lisan.
– Surat Edaran Bupati Purworejo Nomor : 443/5894 tahun 2021dalam rangka pelaksanaan Isoter di tingkat Kecamatan dan Kabupaten Purworejo, di tingkat Kabupaten berada di bekas diklat Kutoarjo, Alhamdulillah, apresiasi kepada Kapolsek dan Puskesmas Bener yang telah memberikan edukasi kepada warga isoman sehingga 2 orang berkenan bergeser di Isoter Kabupaten Diklat Kutoarjo
– Kita harus memberikan pemahaman kepada warga isoman untuk melaksanakan Isoter, memang berat karena berbagai aspek harus benar benar siap salah satunya mengupayakan dan mencukupi kebutuhan hidup warga penderita Covid-19 yang ditempatkan di Isoter kecamatan, kita menginisiasi akan mengoptimalkan dana desa 8 %.

Sambutan Kapolsek Bener
– Kami mengusahakan kegiatan perpindahan isoman ke Isoter dari sudah beberapa hari yang lalu, dari desa Kaliurip terdapat 1 keluarga, namun masa isoman selesai esok harinya, sehingga tidak memungkinkan, Kita telusuri lagi terdapat satu orang di Kaliboto a.n Muhammad Fadjri yang bersangkutan sudah bersedia namun dari istrinya tidak berkenan sampai memohon mohon /menangis suaminya tidak diisoter
– Kami telusuri lagi adanya keluarga berdomisili di Kaliboto tapi KTP Sukowuwuh bersedia untuk melaksanakan Isoter, proses panjang dalam memberikan edukasi sehingga tumbuh kesadaran warga isoman untuk pindah Isoter.
– Memang banyak kendala baik dari kebutuhan, keluarga, maupun faktor lingkungan, memang akan lebih baik Isoter dilaksanakan di tingkat Kecamatan agar kita juga bisa memantau.

Sambutan Danramil 13/Bener
– Pemindahan warga isoman ke Isoter dikarenakan Kab. Purworejo masih PPKM level 4, bersama Magelang kota.
– Pelaksanaan Isoter tersebut berdasarkan perintah langsung dari Menkomarves kepada Bupati, Kapolres dan Dandim Purworejo.
– Ucapan terimakasih kepada Kapolsek Bener yang telah berhasil memindahkan warga isoman ke Isoter tingkat Kabupaten.
– Isoter dalam rangka pengendalian penyebaran virus Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan di Kab. Purworejo, mohon dukungan semua pihak sehingga dapat terlaksana isoter sesuai SE Bupati Purworejo.

Sambutan Puskesmas Bener
– Berdasarkan data untuk terkonfirmasi Covid-19 Kec. Bener sudah menurun, sehingga kegiatan swab juga menurun, swab dilakukan kepada orang yang bergejala apabila positif kalau memungkinkan isoter, kita koordinasikan untuk dilakukan Isoter apabila tidak memungkinkan warga tersebut isoman dengan Prokes ketat.

Dalam rakor tersebut dihasilkan kesepakatan :
– Warga yang sudah positif Covid-19 harus melakukan isoman dengan benar, apabila tidak maka akan dilaksanakan Isoter
– Peran Pemdes untuk mengaktifkan satgas jogo tonggo dengan memastikan warga yang telah melakukan isoman dengan benar harus ditingkatkan.
– Menginisiasi warga Bener yang isman agar mau melakukan Isoter kecamatan
– Operasional Isoter kecamatan sebisa mungkin ditanggung bersama 28 desa se Kec. Bener
– Jadwal piket (Polsek, Koramil, Kecamatan), Sapras dan fasilitas (MCK, air, tempat tidur, logistik) untuk penanganan warga isman harus dipersiapkan
– Langkah yang harus dilakukan segera adalah mempersiapkan tempat Isoter kecamatan dan menempatkan warga isoman sesuai kriteria untuk melaksanakan Isoter.