Minggu, September 25, 2022
BerandaTak BerkategoriHarkamtibmas Diperkuat Hadapi Pemilu 2024 Rencana Kerja Tahun 2023 Polres Purworejo Dimatangkan

Harkamtibmas Diperkuat Hadapi Pemilu 2024 Rencana Kerja Tahun 2023 Polres Purworejo Dimatangkan

Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 bakal menjadi salah satu fokus kinerja jajaran Polres Purworejo pada tahun tahun 2022 dan 2023. Berbagai kegiatan persuasif, preemtif, dan preventif lebih diperkuat guna membangun kedekatan dengan seluruh komponen masyarakat sehingga dapat melalukan antisipasi dan tindakan kepolisian secara terukur dan tepat.
Hal itu disampaikan oleh Kabag Perencanaan Polres Purworejo, Kompol Suprihadi S.H, saat paparan dalam Rapat Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2023 Polres Purworejo di Auditorium Polres Purworejo, Rabu (19/1). Rapat diikuti para Kabag, Kasat, dan seluruh seksi. Hadir dan turut memberikan arahan, Wakapolres Purworejo Kompol Asep Supiyanto. S.Sos, M.H.
“Harkamtibmas untuk menjaga kondusivitas Pemilu 2024 akan kita tingkatkan, lebih dari tahun-tahun kemarin,” katanya.
Salah satu upaya konkretnya yakni pendataan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di seluruh wilayah. Dengan pendataan itu akan diperoleh hasil jumlah Poskamling aktif dan pasif selanjutnya melakukan dorongan aktivasi bagi yang telah pasif.
“Jumlah Siskamling aktif mempengaruhi indeks Harkamtibmas,” lanjutnya.
Menurut Kompol Suprihadi, tahapan Pemilu 2024 memang masih cukup lama. Namun, antisipasinya perlu dilakukan sejak dini mengingat Pemilu 2024 akan menjadi Pemilu akbar yang melibatkan banyak hal terkait Harkamtibmas.
“Dalam hal ini kacamata Polri tidak hanya mengacu pada tahapan KPU, melainkan fenomena masyarakat, khususnya yang terkait dengan politik dan Pemilu,” ungkapnya.
Dalam paparannnya, Kompol Suprihadi menjelaskan bahwa sedikitnya ada 6 sasaran prioritas Polres Purworejo. Harkamtibmas menjadi sasaran prioritas pertama. Selanjutnya yang kedua yakni mengoptimalkan kualitas pelayanan publik Polres Purworejo serta penegakan hukum yang transparan dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik. Ketiga, penegakan hukum secara berkeadilan dan terpercaya. Keempat, meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan SDM. Kelima, pemenuhan sarana prasarana dan Almatsus Polres Purworejo yang modern.
“Keenam, penguatan pengawasan yang efektif guna menguatkan integritas dan tata kelola organisasi yang baik,” jelasnya.
Terkait pelaksanaan Rapat Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2023, pihaknya menyebut bahwa kegiatan ini rutin digelar setiap tahun untuk mematangkan rencana kerja serta menyamakan persepsi seluruh bidang dan seksi, khususnya dalam pola bertindak secara teknis.
“Tindak lanjut kegiatan ini akan dilaksanakan penyusunan LKIP yang penyampaiannya mengacu juga pada capaian tahun 2021 sehingga akan lebih berbenah,” terangnya.
Sementara itu, Wakapolres Purworejo dalam arahannya menegaskan pentingnya Penyusunan Rencana Kerja. Karena itu, pihaknya berharap seluruh bagian dan seksi dapat berperan aktif memberikan masukan.
“Mari kita bersama-sama aktif mememberikan masukan, menganalisis, dan memikirkan Renja sehingga hasilnya nanti dapat dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments