Minggu, September 25, 2022
BerandaTak BerkategoriBhabinkamtibmas Polsek Ngombol Pantau PMK

Bhabinkamtibmas Polsek Ngombol Pantau PMK

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PKM) pada hewan ternak di berbagai wilayah di Indonesia turut menjadi perhatian berbagai pihak. Salah satunya institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Jumat(20/5/2022).

Baru-baru ini, Kepolisian Resor (Polres) Purworejo mengerahkan anggotanya untuk memantau perkembangan penyebaran PMK di wilayahnya.

Kapolres Purwoeejo, AKBP Fahrurozi S.I.K.MM melalui Kapolsek Ngombol AKP Suwardiyono .S.Pd.I mengatakan, Bhabinkamtibmas disebar agar memantau dan menghimbau peternak agar hewan ternaknya dalam keadaan sehat dan tidak terkena PMK.

“Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, yang saat ini sedang menjangkiti ribuan sapi di wilayah Jawa Timur,” kata Teguh dalam siaran persnya.

Dari hasil pantauan di wilayah Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Kapolsek Ngombol mengatakan, tidak ditemukan sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku sampai saat ini.

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” pesannya.

Untuk mencegah penyebaran wabah PMK dan penyakit lainnya, mengimbau para peternak untuk memisahkan sapi sakit dengan sapi lainnya yang sehat.

“Bhabinkamtibmas rutin menyambangi peternakan, baik siang maupun malam hari. Dengan harapan para peternak selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan pakan ternak dengan baik. Sehingga hewan ternak dapat terhindar dari wabah yang saat ini sedang menjangkiti,” imbuhnya.
Bin Sek Ngb.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments