Rabu, September 28, 2022
BerandaTak BerkategoriAnggaran Polres Purworejo Dievaluasi ,Serapan Masih Rendah, Hasil Kinerja Lebihi Target

Anggaran Polres Purworejo Dievaluasi ,Serapan Masih Rendah, Hasil Kinerja Lebihi Target

Polres Purworejo melakukan analisis dan evaluasi (Anev) anggaran Tahun Anggaran (TA) 2022 untuk mengetahui realisasi penggunaan anggaran sekaligus hasil kinerja yang dicapai hingga triwulan ketiga, Selasa (13/9). Adanya Anev kali ini diharapkan mampu mendorong seluruh bagian, satuan, dan Polsek jajaran untuk mengejar target-target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun 2022.
Anev berlangsung di Ruang Rupattama Moech Giyarto Polres Purworejo dipimpin oleh Wakpolres Purworejo, Kompol Aldino Agung Anggoro SE SIK, diiikuti para Kabag, Kasat, dan 16 Kapolsek jajaran selaku kuasa pelaksana anggaran.
Berdasarkan hasil Anev diketahui bahwa penyerapan anggaran untuk belanja barang secara keseluruhan pada triwulan 1 sebanyak 19,53 persen dan lebih tinggi dari target yang ditetapkan yakni 15 persen. Pada triwulan 2, jumlah serapan tercapai 43,04 persen dan lebih rendah dari target yang ditetapkan yakni 50 persen. Sementara pada triwulan 3 ini, jumlah serapan tercapai 59,46 persen dan lebih rendah dari target yang ditetapkan yakni 70 persen.
“Pada triwulan 3 ini mestinya kita sudah sampai di 64 persen, tapi memang ada beberapa kendala di beberapa pelaksana anggaran sehingga target penyerapan belum bisa mencapai target,” kata Kasubbagrenprogar Bagren Polres Purworejo, AKP Siti Komariyah, saat dikonfirmasi usai kegiatan.
Beberapa kendala itu terjadi pada sejumlah Bagian, Satuan, atau Polsek jajaran, tetapi tidak semua. Menurut AKP Siti Komariyah, capaian serapan anggaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Antara lain tidak semua anggaran besar, seperti operasi kepolisian, dapat diserap pada awal atau pertengahan tahun anggaran, melainkan bergantung pada kelender Kamtibmas. Sebagai contoh, Operasi Lilin dengan jumlah anggaran cukup besar baru dapat diserap pada tiap akhir tahun atau bulan Desember.
“Jadi nanti dimungkinkan seluruh pelaksana anggaran masih dapat melakukan akselerasi serapan dengan kegiatan-kegiatan besar hingga akhir tahun. Target serapan kita keseluruhan pada triwulan keempat nanti minimal bisa tercapai 90 persen,” terangnya.
Kendati serapan anggaran belum mencapai target, capaian kinerja Polres Purworejo berdasarkan indikator pelaksana anggaran (Ikpa) justru tercatat melebihi target, yakni mencapai 105,32 persen. Penilaian itu didapat dari Kementerian Keuangan per akhir Agustus 2022
“Untuk Nilai Ikpa meliputi kualitas perencanaan anggaran dan penyerapan anggaran, kita memperoleh 96,67 dari 100,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakapolres Purworejo menyampaikan bahwa Anev anggaran dilakukan secara rutin oleh Polres Purworejo agar anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah dapat terserap dengan baik. Tidak hanya jumlah serapan, melainkan juga hasil kinerja yang didapat dari anggaran yang telah digunakan. Menurutnya, penyerapan anggaran harus berbanding lurus dengan capaian kinerja sehingga seluruh pelaksana anggaran harus betul-betul cermat dalam menggunakan anggaran.
“Jadi ini masih dianalisis dan dievaluasi agar sampai akhir tahun bisa maksimal, baik penyerapan maupun hasil kinerjanya,” tandasnya. (top)

Foto: ANEV. Polres Purworejo melakukan Anev Anggaran TA 2022 di Ruang Rupattama Moech Giyarto Polres Purworejo, kemarin.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments